Pendidikan Spiritual

PENDIDIKAN SPIRITUAL
SEBAGAI METODE PENDIDIKAN AKHLAK
(Studi terhadap Latihan Spiritual Tarekat Qōdiriyyah Naqsabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya)

(Laporan Penelitian)

Oleh :
Drs. NURHAMZAH CS, MSI

Pembimbing :
Prof. Dr. Juhaya S. Praja

Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM)
Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya
2006

ABSTRACT
Based on the assumption that the developing education is focused on the noble character or al-akhlakul al-karimah as well as stated on the Indonesian law and regulation as well known as National Educational System (Sistim Pendidikan Nasional (Sisdiknas). This Sisdiknas clearly……..

Selengkapnya telusuri di sistematika di bawah ini

Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Pendidikan Spiritual A. Makna Pendidikan B. Makna Spiritual C. Konsep Pendidikan Spiritual 1. Konsep anl-Nafs 2. Tazkiyat al-nafs dan Tashfiat al-qulb 3. Proses Tazkiyat al-nafs dan tashfiyat al-qulb dalam Pendidikan Sppiritual 4. Pengaruh Jiwa dalam diri manusia Bab 3 Pendidikan Akhlak 1. Hakekat Manusia a. Penciptaan al-ruh b. Penciptaan jasad c. Pengertian Manusia d. Manusia menurut pandangan Tasawuf e. Manusia menurut Pandangan Pendidikan 2. Pendidikan Akhlak a. Landasan Pendidikan Akhlak b. Tujuan Pendidikan Akhlak
c. Metode Pendidikan Akhllak Bab 4 Analisis Implementatif Pendidikan Spiritual sebagai Metode Pendidikan Akhlak A. Sejarah Perkembangan TQN B. Latihan Spiritual dalam TQN C. Metode Pendidikan Akhlak dalam TQN D. Adabul Murid E. Huungan Murid dengan Guru Bab 5 Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

Diterbitkan oleh nurhamzah

Nurhamzah lahir di ciamis pada tanggal 10 oktober 1964

Satu pendapat untuk “Pendidikan Spiritual

Tinggalkan komentar